REPRESENTASI PENGETAHUAN - KECERDASAN BUATAN

KECERDASAN BUATAN – PERTEMUAN 2

Representasi Pengetahuan



LATAR BELAKANG
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) menyebabkan lahirnya berbagai teknologi yang dapat dikatakan bersifat cerdas, misalnya permainan (game), sistem pakar (expert system), jaringan saraf tiruan (artificial neural network) dan robotika. Kecerdasan buatan juga merupakan pengetahuan yang perlu dipaparkan dan disajikan dengan baik agar dapat dimengerti. Oleh karena itu, akan dibahas cara menyajikan program berupa representasi pengetahuan melalui mesin dan contoh program rute jalan hasil dari representasi pengetahuan menggunakan bahasa pemrograman python.

PEMBAHASAN
Representasi pengetahuan berasal dari dua kata yaitu representasi dan pengetahuan.
1.      Representasi merupakan gabungan dari dua kata, yaitu :
-     re = mengulang
-     presentasi = memaparkan atau menyajikan.
2.      Pengetahuan berasal dari kata dasar tahu.
Manusia dapat berfikir, berbeda dengan mesin yang tidak bisa berfikir. Mesin hanya bisa diberikan representasi agar bisa mengerti atau tahu apa yang diprogramkan.
Jadi, representasi pengetahuan adalah menyampaikan kembali sebuah pengetahuan.

Contoh beberapa representasi pengetahuan dengan menyajikan pengetahuan melalui bahasa mesin:
Nurila adalah perempuan
Faldi adalah laki-laki
Untuk merepresentasikan Nurila adalah pererembuan dan Faldi adalah laki-laki, maka dibuatkanlah sebuah fungsi dalam pemrograman agar komputer mengerti bahasa manusia. Maka dibuatlah:
Perempuan(nurila)
Laki-laki(Faldi)

PRAKTIKUM
Roadmap rute terpendek Politeknik Pos Indonesia sampai dengan Bandara Husein Sastranegara.
Source Code :



PENUTUP
Kesimpulan
Jadi, representasi pengetahuan adalah menyampaikan kembali sebuah pengetahuan yang dimengerti oleh mesin.

Saran
Praktikum tentang hal ini harus bisa lebih dipahami dimengerti, tidak hanya dibuat saja, tetapi harus tahu fungsi dari setiap perintah yang dieksekusi.

Nama  : Nurila Faradila Irfan
NPM    : 1144121
Kelas   : 3A
Prodi   : D4 TEKNIK INFORMATIKA
Kampus          : POLITEKNIK POS INDONESIA

Link Github    :
https://github.com/D4TI3A/NurilaFaradilaIrfan-1144121

Referensi                    :
https://ismailakbar12.wordpress.com/2015/06/25/makalah-artifical-intellegent-representasi-pengetahuan/
http://aliabdulwahid.blogspot.co.id/2017/03/kecerdasan-buatan-pertemuan-2.html

Plagiarisme    :
https://drive.google.com/open?id=0B34z3XSvW4dDNWZ0RGdBRjJIX0E

https://drive.google.com/open?id=0B34z3XSvW4dDQW5HVHBpdThYQTA

Komentar

  1. Wynn casino opens in Las Vegas - FilmfileEurope
    Wynn's ventureberg.com/ first hotel casino in 바카라 사이트 Las Vegas since opening its filmfileeurope.com doors in 1996, Wynn Las Vegas is www.jtmhub.com the first hotel on the Strip to https://access777.com/ offer such a large selection of

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Komputer dengan Fisika (Listrik)

RUANG KEADAAN - KECERDASAN BUATAN